The Influence of Pharmaceutical Service Quality on Patient Satisfaction at Blahkiuh Village Pharmacy

The Influence of Pharmaceutical Service Quality on Patient Satisfaction at Blahkiuh Village Pharmacy

Authors

  • Niputuekanoviyanti Institut teknologi dan kesehatan bintang persada
  • Gede Trimayasa Institut Teknologi dan Kesehatan Bintang Persada
  • iwan saka Institut Teknologi dan Kesehatan Bintang Persada

Keywords:

kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, pharmaceutical care

Abstract

Pelayanan kefarmasian di apotek telah mengalami pergeseran paradigma dari yang berorientasi pada obat (drug oriented) menjadi berorientasi pada pasien (patient oriented), yang dikenal sebagai pharmaceutical care. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pasien di Apotek Desa Blahkiuh serta tingkat kepuasan mereka terhadap penerapan standar pelayanan kefarmasian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain observasional dan metode cross-sectional. Data dikumpulkan melalui survei terhadap 97 responden yang merupakan konsumen apotek, kemudian dianalisis menggunakan uji karakteristik dan uji bivariat untuk melihat hubungan antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden berusia 17– 27 tahun (54,6%), berjenis kelamin perempuan (50,5%), berpendidikan SMA (62,9%), dan berprofesi sebagai ibu rumah tangga (30,9%). Sebagian besar responden (95,9%) telah berkunjung ke apotek lebih dari lima kali. Uji bivariat menunjukkan bahwa dimensi Reliability (p=0,001), Responsiveness (p=0,001), Assurance (p=0,001), dan Tangible (p=0,025) memiliki hubungan signifikan dengan tingkat kepuasan pasien. Sebaliknya, dimensi Empathy (p=0,261) tidak menunjukkan hubungan yang signifikan. Kesimpulannya, karakteristik responden didominasi oleh pasien berusia 17–27 tahun, perempuan, berpendidikan SMA, dan ibu rumah tangga dengan kunjungan yang tinggi. Sebagian besar dimensi pelayanan kefarmasian, yaitu Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Tangible, memiliki hubungan signifikan terhadap kepuasan pasien di Apotek Desa Blahkiuh.

References

[1] Ade, R. N., et al. (2020). Hubungan Pelayanan

Kefarmasian Terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Farmasi, 3(1), 45–52.

[2] Dinkes Badung. (2023). Profil Kesehatan Dinas Kesehatan Badung 2022. 100.

[3] Dewi, R. A., Santoso, D., & Fitriani, E. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Apotek Prima Sehat Jakarta. Jurnal Ilmu Farmasi Indonesia, 12(1), 33-40.

Downloads

Published

2025-04-08

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.