PENGARUH SERVICE EXCELLENCE TERHADAP JUMLAH KUNJUNGAN DI APOTEK KIMIA FARMA ECHO BEACH
Keywords:
Service Excellence, Apotek, Kunjungan PasienAbstract
Pelayanan kefarmasian sekarang ini telah berkembang, dari yang semula hanya berfokus kepada pengelolaan obat (drug oriented), sekarang berorientasi kepada pelayanan pasien secara langsung (patient oriented). Service excellence merupakan sebuah bentuk keharusan atau tuntutan dalam industri jasa maupun dagang ketika menghadapi konsumen atau pelanggan. Di dunia bisnis, persaingan antar penjual sangat ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penelitian ini menggunakan desain penelitian analatik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional untuk memperoleh informasi tentang bagaimana tingkat kepuasan pelanggan dan jumlah kunjungan terhadap service excellence di Apotek Kimia Farma Echo Beach. Hasil tingkat kepuasan pelanggan terhadap service excellence di Apotek Kimia Farma Echo Beach yaitu sangat 86,62% responden menyatakan sangat puas dan 13,38% responden menyatakan puas. Jumlah kunjungan pelanggan ke Apotek Kimia Farma Echo Beach terjadi kenaikan dengan rata-rata kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya 9,78% dan 12,12% dibandingkan tahun sebelumnya. Kesimpulan dari data penelitian yang diperoleh bahwa service excellence telah dilakukan dengan baik dan terjadi peningkatan jumlah kunjungan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Putu Ayu Ratih Listiani, Gusti Ayu Oviani, I Putu Bayu Martena
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.