ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN OBAT TANPA RESEP DI APOTEK CAHAYA FARMA
Abstract
Apotek merupakan sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktik kefarmasian dan penyaluran perbekalan obat kepada masyarakat. Kepuasan konsumen dapat mempengaruhi minat untuk kembali ke apotek yang sama. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan obat tanpa resep diapotek. Penelitian ini dilakukan di Apotek Cahaya Farma dengan jumlah sampel 60 orang pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan kefarmasian. Hasil penelitian dari seluruh dimensi konsumen sangat puas teradap kualitas pelayanan obat tanpa resep di Apotek Cahaya Farma dengan nilai kualitas pelayanan pada dimensi kehandalan sebesar 4,2, pada dimensi daya tanggap sebesar 4,57, pada dimensi jaminan sebesar 4,48, pada dimensi empati sebesar 4,53, dan pada dimensi bukti fisik sebesar 4,54. Sehingga diperoleh nilai rata-rata dari 5 dimensi adalah 90,5 yang masuk dalam katagori sangat puas
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putu Ayu Ratih Listiani, Gusti Ayu Oviani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.